Globalisasi

Dewasa ini perbincangan mengenai globalisasi seakan tak pernah surut, bahkan hingga saat ini gloalisasi masih hangat diperbincangkan di berbagai kalangan dengan makna dan pemahaman yang beragam. Namun apa yang dipahami dengan istilah globalisasi akhirnya membawa kesadaran bagi manusia bahwa semua penghuni planet ini saling terkait dan tidak bisa dipisahkan begitu saja, walaupun ada rentang jarak yang secara fisik membentang.

Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa terkendali yang ditandai dengan selera dan ketertarikan akan hal yang sama, perubahan dan ketidakpastian serta kenyataan yang mungkin terjadi. Sejalan dengan itu, Petter Drucker menyebutkan bahwa globalisasi sebagai zaman transformasi sosial. Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahawa transformasi ini telah membawa kita pada globalisme, yaitu sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu. Dunia dipandang sebagai suatu kesatuan dimana seluruh manusia di mukabumi ini saling terhubung satu sama lain dalam jaringan-jaringan kepentingan yang amat luas.

Globalisasi atau penyejagatan merupakan sebuah istilah yang memiliki hubungan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, sosial budaya, dan bentuk-bentuk interaksi lain, sehingga batas-batas suatu negara dipandang menjadi semakin sempit.

Globalisasi memang sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi, yang ditandai dengan munculnya perdagangan internasional, banyak nya perusahaan multi nasional, dan marak nya perdagangan bebas, sehingga barang-barang luar negeri datang silih berganti

Namun, proses globalisasi bukan hanya terjadi di bidang ekonomi saja. Pembicaraan mengenai globalisasi merupakan pembicaraan mengenai topik pembahasan yang sungguh luas mencangkup berbagai aspek mendasar kehidupan manusia, seperti budaya, poitik, sosial, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peningkatan interaksi kultur melalui perkembangan media masa seperti televisi, radio dan sebagai nya. Saat ini kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi berbagai budaya misal nya dalam bidang fashion dan makanan.

Sealain itu, teknlogi informasi dan komuikasi pun turut berperan aktif sebagai faktor pendukung utama dalam globalisasi. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi, radio, komputer, satelit, jaringan, dan internet menujukan bahwa komunikasi global terjadi dengan pergerakan yang begitu cepat sehingga memungkinkan kita merasakan banyak hal berbeda dari budaya kita.

kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan manusia, terutama bagi para pelajar sebagai generasi muda. Globalisasi memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu sisi positif dan negatif.

Proses perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terjadi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas keseluruh dunia. Oleh karena itu, globalisasi tidak dapat dihindari keberadaan nya.

Meski begitu sebagai remaja kita tentunya harus bisa memanfaatkan dengan baik hal-hal positif globalisasi, dan menjauhkan diri dari hal-hal negatif nya ..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s