BELENGGU MASA LALU


          Beberapa orang mungkin memiliki masa lalu berupa cerita yang indah, kisah bahagia ataupun sejarah membanggakan yang kemudian terekam indah dalam memory, dan tentu nya akan selalu tertata rapih alam album kenangan. Namun hal berbeda yang terkadang menimpa sebagian orang di masa lalu nya.

Sebagian orang dari jutaan manusia di dunia ini mungkin menyimpan masa lalu curam yang membelenggu nya. Entah itu sebuah kenyataan pahit, kegagalan, ataupun hal negatif lain nya yang tanpa disadari dapat mempengaruhi kehidupan saat ini. Hal itu tentu sangat mengganggu dan berbahaya jika dibiarkan.

Waktu terkadang memaksa kita untuk tetap maju, namun masa lalu curam yang membelenggu biasa nya menghalangi kia untuk melanggkah mencapai sebuah pencapaian yang berarti. Hingga akhir nya kata kecewa pun terulang kembali.

Yang lalu biarlah berlalu, masa lalu yang buruk jangan lah terus diratapi. Jangan pernah hidup dalam mimpi buruk masa lalu, atau dibawah payung gelap masa silam. Hal itu hanya akan membunuh semangat, memupuskan tekad, dan mengubur masa depan yang belum terjadi.

Sebuah bencana besar manakala kita rela mengabaikan masa depan dan justru hanya disibukan oleh masa lalu. Itu sama hal nya dengan kita mengabaikan istana-istana yang indah dengan sibuk meratapi puing-puing yang lapuk. Padahal, walaupun seluruh manusia dengan teknologi modern nya berusaha untuk mengembalikan semua hal yan telah berlalu. Tentu saja hal itu mustahil.

Agin akan selalu berhembus ke depan, air akan mengalir ke depan, dan kehidupan pun akan selalu berputar kedepan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jangan lah kita meratapi masa lalu yang membelenggu. Lepaskan lah semua masa lalu itu, dan hidup sebaik-baik nya jiwa dalam kedamaian dan ketentraman. Masa lalu biarlah menjdi pelajaran bagi kita untuk tidak mengulang kesalahan yang kedua kali nya. Berdoa dan berusaha keras lah untuk menggapai semua mimpi dan harapan, menjadikan nya sinar yang cerah di masa depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s